STRATEGI DAN PEMBELAJARAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF

STRATEGI DAN PEMBELAJARAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF

PENGERTIAN
  1. HOLISTIK artinya penanganan anak usia dini secara utuh/menyeluruh (layanan gizi dan kesehatan, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan
  2. INTEGRATIF/TERPADU artinya dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat


Definisi kurikulum Holistik Integratif
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan ajar, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dalam rangka memenuhi Hak Anak secara holistik integratif guna memenuhi tujuan pendidikan

ciri dari pendidikan anak usia dini yang holistik :
  1. memberikan pelayanan yang komprehensif meliputi stimulasi bagi bayi,
  2. pendidikan orangtua dan pendidikan secara dini yang dilakukan di rumah dan di pusat-pusat pelayanan dan pendidikan kesehatan dan gizi,
  3. penyediaan sanitasi yang baik dan sehat,
  4. perlindungan hukum terhadap perlakuan salah terhadap anak termasuk eksploitasi dan kekerasan


PRINSIP PENDIDIKAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF
  1. Pelayanan Yang Berkesinambungan
  2. Pelayanan Yang Berkelanjutan Dari Sebelum Anak Lahir Hingga Usia 8 Tahun
  3. Sistem Pelayanan Harus Terkoordinasi Dan Terintegrasi
  4. Pendidikan Bagi Orangtua Dan Pengasuh, Serta Keterlibatan Masyarakat
  5. Kesempatan Untuk Mengakses Program Yang Secara Budaya Tepat
  6. Tidak diskriminatif


1 Response to "STRATEGI DAN PEMBELAJARAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF"